26 April 2016

Layanan Penelitian

Tahapan–tahapan Layanan Penelitian :

 
1. Penawaran Proposal
Usul penelitian di UNSADA pada dasarnya dibagi dalam dua kelompok, yaitu:
a) Program yang bersifat bottom up. Program ini dirancang oleh masing-masing dosen dengan persyaratan tertentu dengan tetap mengacu kepada kepakaran masing-masing dosen.
b) Program Unggulan yang telah ditetapkan oleh Universitas Darma Persada berdasarkan rekam jejak penelitian.

2. Penerimaan Proposal
Para dosen/peneliti di UNSADA mengajukan usulan penelitian ke LP2MK dengan berpedoman kepada format yang telah ditetapkan (Buku Panduan Pengelolaan Penelitian dapat diunduh di laman LP2MK)

 
3. Review Proposal dan Penentuan Proposal Diterima
Usul penelitian yang telah diterima LP2MK akan dinilai (review) baik kelayakan isi maupun biaya. Pelaksanaan proses review dilakukan oleh Board of Reviewer dan reviewer yang ditugaskan untuk masing-masing proposal ditetapkan dengan mempertimbangkan bidang/topik penelitian yang diajukan.

 
4. Penandatanganan Kontrak
Penandatangan kontrak antara LP2MK dengan masing–masing peneliti dilakukan sebagai bukti komitmen dosen/peneliti untuk melakukan penelitian sesuai dengan usul penelitian yang disepakati.

 
5. Monitoring dan Evaluasi
LP2MK UNSADA akan melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan sebagai bagian dari penjaminan mutu penelitian kegiatan penelitian di UNSADA. Mekanisme monitoring dan evaluasi terbagi ke dalam dua jenis yaitu desk evaluation terhadap laporan kemajuan kegiatan penelitian dan seminar hasil penelitian serta monitoring kesesuaian hasil. Melalui monitoring dan evaluasi kemajuan penelitian ini dapat dilihat sejauh mana kegiatan penelitian tersebut sudah terlaksana dan dapat dilihat pula kendala yang dihadapi oleh para peneliti dalam melaksanakan penelitiannya. Sedangkan monev hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara usul, laporan kemajuan dengan hasil penelitian serta memeriksa luaran penelitian

 

 

6. Sistem Pengelolaan

Sistem pengelolaan penelitian UNSADA didukung oleh keberadaan LP2MK yang merupakan unsur pelaksana akademik di Universitas. LP2MK berfungsi sebagai wadah pelaksanaan kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kemitraan yang diselenggarakan di lingkungan Universitas, serta ikut mengusahakan dan mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan.